Bagaimana Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis Anda?

Bagaimana Menghadapi Persaingan Dalam Bisnis Anda?

Setiap bulan, saya bertemu dengan ratusan orang yang luar biasa baik dalam seminar, training ataupun bimbingan bisnis yang kami jalankan.  Mereka yang sering mengalami kebingungan bahkan ketakutan ketika harus menghadapi persaingan dalam bisnis sehingga banyak dari mereka lebih memilih untuk “menutup mata dan berdiam diri” daripada harus memikirkan ide dan atau peluang bisnis yang sebenarnya dapat membuat hidup mereka menjadi lebih baik.  Orang – orang tersebut sering terbagi menjadi dua kategori sehubungan dengan proses mereka menemukan ide bisnis yang ingin mereka mulai dan atau peluang bisnis untuk mengembangkan bisnis yang telah mereka tekuni saat ini :

1. Orang yang kebingungan dan kesulitan menemukan ide bisnis
2. Orang yang keblenger, sesak nafas karena kebanyakan ide bisnis

Kedua kelompok orang ini sama – sama mengalami kelumpuhan mental dan akan melakukan tindakan yang sama, bukannya berkomitmen untuk mulai merancang bisnis mereka, namun hanya berkomat – kamit dan terus menunda, “menunggu tua” atau bisnis mereka mulai menurun.  Mereka sering lupa menyadari bahwa dunia di sekeliling kita begitu dinamis dan terus bergerak mengalami perubahan.  Begitu cepatnya bisnis baru bermunculan dan model bisnis, produk bahkan jasa yang dahulu laris manis, sekarang menjadi tidak relevan lagi.

Lalu mengapa hal ini sering terjadi pada kebanyakan orang?
Kelumpuhan mental terjadi karena kita terus mendorong pikiran kita untuk masuk dalam keadaan berpikir “harus berkompetisi”.
Lihatlah sekeliling Anda, ada berapa banyak ide bisnis yang tidak pernah terwujud karena takut akan makhluk yang satu ini “Persaingan”.
Mengapa?
Selama kita terbelenggu dalam “pikiran untuk harus berkompetisi” dengan yang lain dan masuk ke dalam sebuah pola pikir yang saya sebut sebagai “competitive mind”, sebuah pola pikir yang memaksa kita untuk terus berpikir dan berusaha bagaimana mengalahkan orang lain, bisnis lain, perusahaan lain, atau siapapun yang kita labeli sebagai pesaing kita di dalam bisnis, sebagai akibatnya kita akan mengalami rasa tertekan dan takut yang berlebihan.

Rasa tertekan dan takut berlebihan ini dapat muncul dalam beragam bentuk seperti melakukan tindakan yang destruktif (menghalalkan segala cara demi pokoknya harus menang), atau kita lumpuh karena takut berbuat kesalahan, atau kita lumpuh karena takut gagal dan tidak bisa bersaing di pasaran sehingga ujung-ujungnya kita tidak kunjung memulai bisnis kita sendiri.

Kecuali Anda seorang penemu yang menemukan sesuatu yang belum pernah ada di dunia ini, apapun ide bisnis yang Anda miliki, akan selalu ada orang – orang yang telah memulai ide yang mirip dengan ide Anda tersebut.
Namun dunia bisnis itu sangat penuh kelimpahan dan abundance, banyak sekali peluang yang tersedia dan yang menunggu untuk kita ambil.
Dari sejak kita membuka mata bangun dari tidur kita hingga kita menutup mata untuk tidur kembali, kita selalu memakai beragam produk, jasa, atau informasi yang membuat produsen atau pembuatnya menjadi lebih kaya setiap harinya.

Untuk dapat melihat peluang tersebut dan membuatnya menjadi sebuah bisnis dengan peluang berhasil yang tinggi, kita harus mau menggeser pikiran kita dari kondisi ingin terus bertempur dan berkompetisi menjadi masuk dalam kondisi pikiran untuk “mencipta / yang saya sebut creative mind”.
Yakni sebuah pikiran yang berfokus kepada bagaimana kita menciptakan nilai tambah yang lebih bermanfaat untuk orang lain yang menjadi target market kita.

Sadarkah Anda bahwa semua bisnis sukses didunia ini, selalu memiliki tiga kriteria dasar berikut ini :
1. Ia memberikan nilai tambah yang bermanfaat untuk orang lain, artinya kita diminta untuk lebih berfokus kepada bagaimana “menyebarkan manfaat” untuk orang lain
2. Nilai tambah tersebut dapat disediakan dalam skala ekonomi yang masuk akal (tidak terlalu murah, tidak terlalu mahal dan dapat diduplikasi dengan baik) yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis mereka dalam jangka panjang
3. Mereka mampu membangun persepsi merek dengan baik

Untuk mampu menemukan sebuah ide bisnis yang tepat dan memiliki kemungkinan sukses yang lebih besar, Anda tidak perlu berfokus untuk mengalahkan dan menyingkirkan pesaing Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah berfokus kepada bagaimana membuat persaingan itu menjadi tidak relevan untuk bisnis Anda dengan MENCIPTAKAN nilai tambah yang lebih baik dan atau berbeda dari pesaing Anda!
Jadi tempatkanlah pesaing Anda sebagai sebuah pembanding untuk ide bisnis yang akan Anda ciptakan bukannya sebagai lawan atau musuh yang harus ditakuti atau bahkan harus dikalahkan.

Ini berarti Anda memerlukan keberadaan mereka agar Anda dapat menciptakan sebuah produk, jasa atau informasi yang lebih baik dan atau berbeda dari mereka.
Renungkanlah bagaimana agar produk, jasa atau informasi yang saya sediakan dapat memberikan manfaat yang lebih banyak dan atau manfaat yang berbeda jika dibandingkan dengan yang telah ada di pasaran saat ini.
Lihatlah kebutuhan spesifik pelanggan seperti apa yang belum dapat dipenuhi oleh mereka yang telah ada di pasaran saat ini.
Ciptakanlah nilai dengan memenuhi kebutuhan mereka itu sehingga bisnis Anda memberikan manfaat yang lebih baik dan atau membantu mereka secara berbeda dibandingkan dengan bisnis yang sudah ada di pasaran saat ini.

Have a great business day!

warm Regards,

Coach Sugeng Santoso

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *